Analisis Software Windows Server 2008

Assalamualaikum, kali ini saya akan membagi sedikit ilmu tentang Analisis Software Windows Server 2008 semoga bermanfaat. 




Fitur utama yang menjadi keunggulan Windows Server 2008 ini adalah penyederhanaan tugas administrasi, karena riset internal Microsoft, sekitar 70 persen anggaran belanja TI dihabiskan untuk tugas pengelolaan harian.

Kelebihan Windows Server 2008:

  • Windows Server 2008 mampu mengatur besar bandwidht yang dapat dipakai setiap aplikasi maupun komputer yang terhubung ke jaringan .
  • Server juga dapat mengatur setiap akses indentitas ke jaringan agar aman dari prakris dengan adanya fitur read only domain controller.
  • Lebih aman dalam mengandalkan laju informasi.

Kekurangan Windows Server 2008:

  • Browser yang digunakan sebagai sistem dasar pada sistem perangkat bantu administrasi banyak menggunakan java script dan active x ternyata mengakibatkan proses sangat lambat. Hal yang sama dengan PC yang menggunakan prosesor 300 MHz AMD dan 128 MB SDRAM serta 100 MHz Bus tidak bisa diharapkan bekerja dengan lancar seperti yang diharapkan.

Aplikasi yang dibutuhkan untuk windows server 2008

Database Server
Server Database, ini melayani service bagi client yang membutuhkan layanan penyimpan database. Dalam server database tersebut, bisa berisi ratysan ataupun ribuan database dari banyak User. Biasanya database tersebut di keloompokan atau disimpan per-user yang memakai database tersebut. Agar tidak terjadinya pencurian data.

File Server
File Server berfungsi sebagai media layanan transfer berbagai jenis file,baik audio maupun video dan dokumen, File Server bisa berarti komputer yang digunakaan untuk menampung data-data yang dimiliki oleh server tersebut.


DHCP
DHCP (Dinamic Host Configuration Protocol) Server fungsinya menangani pengalaman IP address untuk seluruh user didalam jaringan secara otomatis.

Print Server
Server ini bisa digunakaan untuk pusat layanan percetakan (print) bagi client. Dengan adanya server ini, segala aktivitas "print" bisa dilakukan secara bersama dan menghemat biaya hardware karena meskipun terdapat satu printer, printer tersebut bisa digunakan oleh banyak komputer.

Mail Server
Mail Server mempunyai peran untuk melayanin client dalam hal mail surat. Surat dalam hal ini, client bisa mengirimkan pesan ke client yang lain, yang dimana surat tersebut bisa di simpan dalam server main itu juga. Selain sebagai tempat untuk menyimpan surat, server mail juga menyediakan layanan pelengkap mail service sebagai web interface untuk memudahkan client menulis surat dan mengorganisir surat yang di punya client.

Wide Area Information Server (WAIS)
Wide Area Information Server (disingkat menjadi WAIS) adalah sebuah sistem pencarian dan pembukaan dokumen di internet yang berbasis system operasi UNIX yang dapat digunakan untuk mencari dokumen pada lebih dari 500 pustaka WAIS (yang disebut sebagai WAIS Library) di internet seperti halnya Project Gutenberg (situs buku elektronik gratis), dengan menemukan berkas-berkas yang telah diindeksasi yang cocok dengan keyword (kata kunci) yang dimasukkan oleh pengguna. WAIS juga dapat digunakan sebagai mesin pencari dalam sebuah situs web individual.

Web Server
Web Server adalah sebuah software yang melayani permintaan berupa https dari pc/client yang terhubung dalam jaringan (intranet/internet) dan memnerikan suatu hasil berupa halaman-halaman web yang ditampilkan dalam web browser. Web  server menggunakan port 80.

Posting Komentar